-

Modifikasi Permainan Bola Untuk Melatih Kecepatan

Modifikasi Permainan Bola Untuk Melatih Kecepatan - Hallo sahabat Silabus RPP, Pada kali ini kita memberikan info menarik tentang Silabus RPP yang berjudul Modifikasi Permainan Bola Untuk Melatih Kecepatan, saya telah menyediakan artikel artikel menarik tenatang Silabus RPP tentunya mudah-mudahan isi postingan yang saya tulis ini dapat anda memberikan maanfaat bagi yang membacanya.

Tentang : Modifikasi Permainan Bola Untuk Melatih Kecepatan
Apa yang terjadi : Modifikasi Permainan Bola Untuk Melatih Kecepatan

lihat juga


    Modifikasi Permainan Bola Untuk Melatih Kecepatan





    Berdasarkan
    beberapa teori permainan tersebut makan dapat disimpulkan bahwa pada stiap
    manusia (anak) terdapat potensi untuk menyalurkan kebutuhan melalui
    bentuk-bentuk permainan.Begitu pentingnya permainan bagi anak-anak maka semua
    anak mempunyai kesempatan yang sama untuk mengikuti macam-macam
    permainan.Pemainan bagi anak berisi bermain kreatif dan individual.



    1. Ranah Psikomotor
                    a.
    Memungkinkan anak mrnggunakan otot besar dengan potensi pengembanganya,yaitu
    menghasilkan pengembanngan dan kontrol otot yang baik.
                    b.
    Anak akan dapat mengembangakan kemampuan berlari ,bermanuver,mulia dan berhenti
    bergerak dengan kontrol penuh.
                    c.
    Anak akan belajar mengelola dan mengontrol tubuh dalam tekanan  berkompotensi
    2. Rabah Kognitif
                    a.
    Anak akan mencapai kesiapan mental ketika ia beraksi secarastrategis pada
    situasi permainan
                    b.
    Anak akan belajar mengganti peraturan dan dapat menerapkan pengetahuan ini pada
    permainan lain yang tidak diawasi guru.
    3. Ranah Afektif
                    a.
    Anak dapat mengerti dan merasakan kebutuhan bermain dengan jujur dan sportif
                    b.
    Anak akan mengerti dirinya dan orang lain
                    Bermain
    yang sangat bermanfaat untuk semua asfek perkembangan anak adalah permainan
    yang dapat mengaktifkan semua anak bersama-sama.
    PELAKSANAAN PERMAINAN ANAK TANPA ALAT
                    Permainan
    adalah medium yang sangat tepat untuk perkembangan sosial dan moral anak karena
    anak harus mematuhi aturan-aturan tertentu apabila ingin menikmati  permainan bersama-sama.
    A. PERMAINAN KECIL
                    Permainan
    kecil adalah suatu bentuk permainan yang tidak mempunyai peraturan tertentu.Bik
    mmenganai peraturan permainanya,alat-alatnya yang digunakan,ukuran
    lapangan,maupun waktu untuk melakukanya.
    B. MODIFIKASI PERMAINAN
                    Tujuan
    utama modifikasi permainan adalah membuat permainan menjadi lebih menyenangkan
    bagi anak.Permainan harus dapat memberikan pengalaman berhasil  bagi anak jika menginginkan anak selalu
    terlibat dalam permainan-permaianan.
                    Berikut
    adalah beberapa saran untuk memodifikasi permainan agar sesuai dengan  kebutuhan anak:
    1. Jarak yang harus ditempuh pemain dapat
    diperpanjang atau diperpendek contoh seharusnya anak berlari satu kali
    menjadi  dua kali.
    2. Rute pelari dapat dipariasikan.Dalam
    permainan lingkaran.pelari dapat diminta berlalri zig-zag di antar permain
    lainya.
    3. Metode dari locomation dapat diubah
    banyak permainan mengharuskan anak anak lari.Kita dapta mengubah dapat meminta
    anak untuk melakukan skipping,melonjat,bergerak kekiri dan kekanan,dan
    sebagainya dari pada hanya sekedar berlari.
    4. Farmaisi dasar permainan dapat
    diubah.Misalnya dari lingkaran menjadi bentuk segi empat,segi tiga,bentuk jajar
    genjang.
    5. Area permainan dapat diperbesar atau diperkecilagar
    masing0masing anak dapat berhasil melakukanya.
    6. Denda atau hukuman  ringan ditambah dalam permainan untuk
    menambah resiko dan kegembiraan
    7. Jumlah pemain kunci dapat ditambah.Bisa
    dengan cara menambah jumlah pelari atau pelempar sehingga jumlah anak yang
    terlibat menjadi  bertambah.
    C. CONTOH PEMAINAN KECIL TANPA ALAT
                    Berikut
    adalah contoh-contoh permainan kecil tanpa alat:
    1. Permainan menjala ikan
                    Permainan
    ini selain bertujuan untuk meningkatkan kemampuan keterampilan gerak anak-anak
    juga untuk menyalurkan hasrat bergerak dan menciptakan suasan kesenangan dan
    kegembiraan bagi anak-anak.
    2. Permainan kucing dan tikus
                    Anak-anak
    dijadikan dua kelompok,salah satu kelompok membuat lingkaran sambil berpegangan
    tangan,sedangkan kelompok yang lainya tertangkapmaka harus menjadi kucing dan
    yang tadi menjadi kucing tertuka menjadi tikus.
    3. Permainan gobak sodor (Galasin)
                    Permainan
    gobak sodor sering juga disebut permainan galasin atua permainan
    hadang.Permainan ini termaksud salah satu permainan tradisional.Permainan gobak
    sodor atau permainan hadang,dimainkan,oleh dua regu yang  masing-masing regu terdiri dari lima orang
    pemain.
    4.
    permainan Hijau-Hitam
       Jumlah permain        : Tidak terbatas
      Tempat                      : Bebas dan terbuka
      Tujuan                       : Melatih kecepatan
    berlari dan beraks
     Cara bermain
    Buat dua baris saling berhadapan, dengar aba-aba dari guru, jika guru
    menyebut hijau, kelompak hijau harus berlari menuju garis bebas. Sedangkan
    kelompok hitam harus menangkap kelompok hijau yang sedang berusaha menuju garis
    bebas, dan demikian sebaliknya. Pemenangnya adalah kelompok yang paling sedikit
    tertangkap selama bermain.
    5.
    Peluang Pulang Kerumah Dengan Cepat
    Jumlah permain           :
    Tidak terbatas
    Tempat                        :
    Bebas dan terbuka
    Tujuan                         :
    Melatih kecepatan lari dan beraksi
    Cara bermain
    Buat baris empat bagaian, tentukan setiap sudut menjadi rumah
    mereka, peserta berkeliling pada lingkaran yang telah ditentukan. Jika ada
    abab-aba dari guru setiap kelompok berlari menuju rumah yang telahditentukan.
    Pemenangnya adalah kelompok yang paling cepat kembali kerumahnya.
    6.
    Permainan Berhadapan Atau Berbelakangan
    Jumlah peserta             :Tidak
    terbatas
    Tempat                        :
    Bebas dan terbuka
    Tujuan                         :
    Melatih kecepatan berlari dan beraksi
    Cara bermain
    Menbentuk lingkaran dan bergandengan tangan 1 kali bunyi peluit
    membentuk pasangan 3 orang bergandengan tangan dan berhadapan. 2 kali bunyi
    peluit berpasangan 3 orang bergandengan tangan dan berbelakangan. 3 kali bunyi
    peluit harus jongkok di tempat masing masing. Pemenangannya adalah tiga orang
    berpasangan bergandeng tangan berbelakangan.
    7.
    Permainan Melayan
    Jumlah peserta             :
    Tidak terbatas
    Tempat                        : Bebas dan terbuka
    Tujuan                         :
    Mengembangankan kecepatan dan kelincahan
    Cara bermain
    Buatlah lingkaran sebanyak ¾ kelompok. Setiap lingkaran diisi oleh
    1 orang nelayan, dan setiap kelompok diberi mana jenis-jenis ikan. Neleyan
    berlari kesana kemari sambil menyebut salah satu nama ikan, contoh lele-lele
    keluarlah dari persembunyian. Lele berlari menyebar dan nelayan menangkapnya.
    Nelayan menyentuh lele sambil menghitungnya. Pemenangnya dilihat dari jumlah
    ikan yang tidak tertangkap.
    8.
    Permainan Berpasangan Dan Hinggap
    Jumlah peserta             :
    Tidak terbatas
    Tempat                        :
    Bebas dan terbuka
    Tujuan                         :
    Kemampuan menangkap dan menghindar dari kejaran.
    Cara bermain
    Seluruh anak bebas bergerak dan berlari, tidak boleh keluar dari
    batas yang dibuat. Guru bertanya pada pemburu: “hai pemburu yang kau tangkap
    yang bersarang atau yang hinggap? Pemburu menjawab yang hinggap, berarti yang
    hinggap/ berhenti boleh ditangkap, tetapi jika pemburunya menjawabyang
    bersarang berarti 2 orang atau lebih yang berhenti dapat ditangkap. Anak yang
    sebagai burung bebas terbang mengoda pemburu. Anak yang berhasil ditangkap oleh
    pemburu mengantikan pemburu.
    9.
    Permainan Elang dan Ayam
    Jumlah peserta             :
    10-15 orang
    Tempat                        :
    Bebas dan terbuka
    Tujuan                         :
    Kemampuan mengejar dan menghindar
    Cara bermain
     Anak-anak berbaris Saling
    berpeganggan baju satu sama lainnya. Anak yang berdiri paling depan menjadi
    induk ayam, yang dibelakangnya menjadi anak ayam. Burung elang bebas bergerak
    menangkap anak ayam yang paling belakang, induk ayam bergerak dengan posisi
    tangan dii rentangkan, untuk melindungi anaknya. Anak anayam yang telah
    disentuh oleh burung elang keluar dari barisannya sampai habis anak ayamnya
    tertangkap.
    Permainan
    Anak Dengan Alat
    A.   
    Permainan
    dan Kompentisi
    Dalam
    permainan yang tanpa pemenang ini dapat dikembangkan anak bekerja dan bermain
    bersama untuk mencapai tujuan bersama. Anak dapat menunjukan keterampilan yang
    dikuasainya dan dapat mengajar temannya yang belum dapat menguasai
    permainannya. Kompetisi tidak dapat berarti baik buruk,yang penting adalah
    bagaimana guru menangganinya. Hal yang paling penting dimengerti dalam
    permainan yaitu:
    1.      Peraturan
    dapat di gantikan dengan permainan yang menyenangkan
    2.      Anak
    yang berketrampilan tinggi biasanya menikmati kompentisi kerena mereka
    mempunyai kesempatan bagus untuk berhasil
    3.      Guru
    harus mendorong anak untuk menikmati kegiatan bermain daripada pentingnya
    kemenangan
    4.      Mengharagi
    pemanang secara terang-terangan akan mengurangi motivasi intrisik anak untuk
    turut dalam permainan.
    5.      Semua
    anak harus mendapat kesempatan untuk berhasil.
    B.    
    Contoh
    permainan kecil dengan alat
    Contoh-contoh
    permainan kecil dengan alat:
    1.     
    Bola Beranting
    Diatas Kepala
    Jumlah peserta                   :
    Tidak terbatas
    Tempat                              :
    Bebas dan luas
    Alat yang digunakaN        : Bola no.3 sebesar kepala
    Tujuan                               :
    Meningkatkan koordinasi tangan
    Cara bermain
    Anak dibagi menjadi beberapa kelompok menghadap
    satu arah. Anak yang didepan memegang bola, guru membunyikan peluit, bola yang
    didepan diberikan ke belakang melewati atas kepala. Anak yang berada dibelakang
    segera memberikan bola kedepan barisan. Dan seterusnya
    2.     
    Permainan
    Lari Bolak Balik Sambil Memindakan Benda
    Cara bermain           
    Anak dibagi menjadi 4 baris berbanjar, anak
    yang berada dibarisan paling depan berlari mengambil balok kemudian lari dan
    ditempatkan didekat garis awal. Setelah balok diletakkan anak no.2 berlari
    mengambil balok lagi dan seterusnya. Pemenangnya kelompok barisan yang paling
    banyak memindahkan balok tersebut.
    3.     
    Permainan
    Bola Beranting Berputar
    Jumlah pemain                  :
    Tidak terbatas
    Tempat                              :
    Bebas dan terbuka
    Alat yang digunakan         : Bola
    Tujuannya                         :
    Melatih koordinasi dan kelenturan
    Cara bermain
    Anak dibagi menjadi beberapa kelompok. Anak
    yang terdepan memegang bola, guru member aba-aba, anak berputar 90 derajat.
    Anak melempar bola dengan kedua tangannya kea rah anak di belakangnya. Anak
    yang menangkap bola dengan kedua tangannya, berputar 90 derajat dan melemparkan
    bola kebelakang sampai bola tersebut ditangkap dan berakhir pada anak yang
    berada pada barisan terakhir
    4.     
    Bermain
    Lomba Bola
    Jumlah pemain                  :
    6-8 orang
    Tempat                              :
    Bebas dan terbuka
    Alat yang digunakan         : Bola sebanyak 3-5 buah
    Tujuan                               : Mengebagkan kemampuan menangkap dan
    melempar            bola
    Cara bermain
    Anak dibagi menjadi beberapa kelompok sesuai
    dengan jumlah bola, guru member aba-aba kelompok 1 melemparkan bola ke kelompok
    lain dan melemparkannya lagi ke kelompok lain dan seterusnya secara berurutan.
    Sehingga bola kembali ke tempat semula. Anak yang tidak dapat menangkap bola
    keluar dan harus mengembalikan bola ketempat semula. Pemenang dalam perlombaan
    ini regu yang paling cepat menerima bola kembali dari anggota yang terakhir.
    5.     
    Permainan
    Lomba Balok Berdiri
    Jumlah pemain                  :
    6-9 orang
    Tempat                             
    : Bebas dan terbuka
    Alat yang digunakan         : Blok-balok
    Tujuan                               : Mengembangkan kecepatan berlari,
    ketelitian dan kerjasama.
    Cara bermain
    Buat garis A dan B diluar garis tempat
    menyimpan balok, kemudian anak dibagi menjadi beberapa regu serta membentuk
    posisi berjajar di belakang garis A. Guru mebunyikan peluit, anak yang lari
    lewat sebelah kanan barian menuju garis B mengambil balok. Dan kembali ke garis
    A untuk mendirikan balok dibelakang garis ditempat yang ditentukan. Anak yang
    lari menuju tempat semula, segera menyentuh anak yang ada di depan garisnya
    untuk melakukan permainan berikutnya.
    6.     
    Permainan
    Tempat Berputar Dalam Tali
    Jumlah pemain                  :
    Tidak terbatas
    Tempat                              :
    Luas dan terbuka
    Alat yang digunakan         : Tali panjangnya 4-5 meter.
    Tujuan                              
    : Melatih keterampilan melompat dan koordinasi
    Cara bermain
    Tali diberi ujung yang ringan berupa kantong
    plastik. Anak berbaris mbentuk lingkaran. Guru berada ditengan lingkaran sambil
    memegang salah satu ujung tali. Guru membunyikan peluit lalu berputar
    mengelilingi lingkaran, anak harus melompat tali yang setinggi lutut, anak yang
    kakinya tersangkut pada tali harus keluar dari permainan. Pemenangnya adalah
    anak yang masih dapat melompat tali tersebut.
    7.     
    Permainan
    Berlomba Estafet
    Jumlah pemain                  :
    Tidak terbatas
    Tempat                             
    : Luas dan terbuka
    Alat yang digunakan         : Tongkat dari kayu atau pipa
    Tujuan                               :
    Melatih ketangkasan
    Cara bermain
    Anak dibagi menjadi beberapa kelompok dan
    membentuk barisan. Setiap baris dalam kelompok anggota berjarak kurang lebih 1
    meter. Anak yang berada di depan garis start berlari memberikan tongkat pada
    anak yang pertama, anak pertama memberikan tongkat pada anak kedua dan
    seterusnya, pemenangnya adalah kelompok yang paling cepat memberikan tongkat
    pada anak tang terakhir dalam barisan.
    8.     
    Estafet
    Dengan Batu
    Jumlah pemain                  :
    Tidak terbatas
    Tempat                             
    : Bebas dan terbuka.
    Alat yang digunakan         : Batu
    Tujuan                              
    : Melatih kecepatan dan sikap kerjasama
    Cara bermain
    Anak dibagi menjadi beberapa kelompok dan
    membentuk barisan. Guru member
    i aba-aba,
    peserta didepan barisan berlari secepatnya menuju garis balik dengan mengambil
    batu yang ada di belakang garis dan kembali membawa batu kegaris semula serta
    meletakan ditempat yang disiapkan, pelari berikutnya yang ada dibelakang garis
    segera berlari secepatnya seperti pelari 1. Pemenangnya adalah regu yang pelari
    akhirnya paling cepat hingga ke garis finish dan membawa batu.
    9.     
    Berlomba Mengibarkan Sapu Tangan
    Jumlah pemain                  :
    Tidak terbatas
    Tempat                              :  Lapangan bebas dan terbuka
    Alat                                  
    : Sapu tangan
    Tujuan                              
    : Melatih kecepatan berlari
    Cara bermain
    Anak di bagi menjadi beberapa kelompok dan berbaris
    sesuai kelompok. Guru meberi aba-aba maka peserta pertama berlari secepatnya
    mengibarkan saputangan dan menuju kegaris finish serta kebali ke barisan semula
    sambil mengibarkan saputangan seperti anak pertaa, demikian selanjutnya sampai
    anak paling terakhir. Pemenangnya adalah peserta yang terakhir paling cepat ke
    garis start.


    Demikianlah Artikel Modifikasi Permainan Bola Untuk Melatih Kecepatan

    Sekian dari kami, mudah mudahan artikel Modifikasi Permainan Bola Untuk Melatih Kecepatan, bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sekian postingan dari kami .Silabus RPP !! .
    x

    Anda sedang membaca artikel Modifikasi Permainan Bola Untuk Melatih Kecepatan dan artikel ini url permalinknya adalah https://pembelajaran-olahraga.blogspot.com/2016/04/modifikasi-permainan-bola-untuk-melatih.html
    Artikel Silabus RPP Terbaru Lainnya Silabus RPP,Modifikasi Permainan Bola Untuk Melatih Kecepatan
    Download RPP, Silabus , Prota, Promes , Pemetaan KI-KD , Jurnal , KKM , Buku Guru dan Buku Siswa Kelas

    Related Posts :

    0 Response to "Modifikasi Permainan Bola Untuk Melatih Kecepatan"

    Post a Comment