-

Permainan olahraga Tanpa Menggunakan Alat

Permainan olahraga Tanpa Menggunakan Alat - Hallo sahabat Silabus RPP, Pada kali ini kita memberikan info menarik tentang Silabus RPP yang berjudul Permainan olahraga Tanpa Menggunakan Alat, saya telah menyediakan artikel artikel menarik tenatang Silabus RPP tentunya mudah-mudahan isi postingan yang saya tulis ini dapat anda memberikan maanfaat bagi yang membacanya.

Tentang : Permainan olahraga Tanpa Menggunakan Alat
Apa yang terjadi : Permainan olahraga Tanpa Menggunakan Alat

lihat juga


    Permainan olahraga Tanpa Menggunakan Alat





    PermainanTanpa Alat:


    1.     
    Permainan Ganjil Genap
    Ø  Langkah-langkah
    permainan:
    a.      
    Menyuruh siswa untuk berbaris dan
    membagi 2 barisan, setelah itu menyuruh pada barisan pertama untuk membentuk
    lingkaran, lalu selanjutnya menyuruh barisan kedua untuk membentuk lingkaran
    yang kedua (berdiri dibelakang barisan pertama).
    b.     
    Guru atau Dosen menjelaskan, jika
    pembina menyebut angka ganjil maka siswa harus melompat 2 kali ke depan. Jika
    Pembina menyebut angka genap, maka siswa harus diam di tempat.
    c.      
    Menyuruh untuk barisan pertama hadap ke
    belakang, sedangkan barisan kedua tetap hadap ke depan, supaya sesama siswa
    tidak saling bentrokan.
    d.     
    Jika barisan kedua sudah mulai merapat,
    maka Pembina menyuruh untuk mengganti posisi. Pada barisan pertama untuk hadap
    ke depan, sedangkan baris kedua untuk hadap ke belakang.
    e.      
    Ketika Pembina menyebut angka ganjil dan
    genap, ada siswa yang tidak konsentrasi sehingga salah, maka siswa tersebut
    harus maju ke tengah-tengah lingkaran.
    f.      
    Setelah permainan selesai, bagi siswa
    yang salah dalam permainan akan mendapat hukuman dari Pembina.
    2.     
    Permainan Mencari Kelompok
    Ø  Langkah-langkah
    permainan:
    a.      
    Pembina menyuruh siswa untuk berlari
    mengelilingi lapangan.
    b.     
    Jika Pembina menunjukkan angka 1-10,
    misalnya angka “5” maka siswa harus mencari kelompok sebanyak 5 orang.
    c.      
    Jika masing-masing kelompok kurang atau
    lebih dari angka yang disebut oleh Pembina, akan mendapat hukuman. Atau bila
    ada satu orang yang tidak mendapat kelompok, maka orang tersebut yang hanya
    akan mendapat hukuman.
    3.     
    Permainan Anjing dan Kucing
    Ø  Langkah-langkah
    permainan:
    a.      
    Menyuruh siswa untuk berbaris dan
    membagi menjadi 3 barisan, setelah itu menyuruh pada barisan pertama untuk
    membentuk lingkaran. Lalu pada barisan ke 2 dan 3 mengkuti dan berdiri di
    belakang barisan pertama dengan membentuk lingkaran juga.
    b.     
    Menyuruh 2 orang untuk maju ke depan.
    c.      
    Salah satu ada yang menjadi anjing dan
    ada yang menjadi kucing.
    d.     
    Anjing harus mengejar kucing
    e.      
    Jika kucing sudah capek berlari, kucing
    bisa berhenti di depan kelompok pada barisan lingkaran tersebut.
    f.      
    Ketika kucing sudah berhenti di depan
    barisan, maka anjing harus mengejar orang yang berada pada baris belakang
    dimana kucing itu berhenti pada kelompok tersebut.
    g.     
    Apabila kucing ditangkap oleh anjing,
    maka orang yang semula menjadi kucing harus mengganti posisi menjadi anjing dan
    harus mengejar mangsa selanjutnya.
    h.     
    Pergantian posisi
    i.       
    Kucing tidak lagi berhenti di depan
    barisan kelompok, tetapi berhenti dbelakang barisan kelompok.
    j.       
    Jika kucing sudah berhenti dibelakang
    barisan kelompok, maka anjing harus mengejar orang yang berada paling depan
    pada barisan kelompok dimana kucing itu berhenti.
    4.     
    Permainan Sangkar dan Burung
    Ø  Lnagkah-langkah
    permainan:
    a.      
    Membuat 3 barisan
    b.     
    Barisan pertama dan kedua menjadi
    sangkar, dimana baris pertama dan kedua bergandengan tangan dan membentuk lingkaran
    yang lebar.
    c.      
    Sedangkan baris ke tiga menjadi burung
    yan harus berada di di dalam sangkar (di tengah-tengah sangkar).
    d.     
    Pada saat Pembina meniup pluit dan
    berkata “sangkar”, maka burunglah ang harus mencari dan berlari untuk berada/pindah
    ke sangkar yang lain. Jika Pembina berkata “burung”, maka sangkarlah yang harus
    mencari/berlari untuk pindah ke burung yang lain.
    e.      
    Jka pada saat pluit ditiup dan masih ada
    sangkar atau burung yang belum menemukan pasangan, maka mereka harus berada di
    tengah-tengah   lingkaran tersebut untuk menunggu teman-teman
    yang lain salah dan terlambat untuk mendapat pasangan. Setelah itu, burung dan
    sangkar yang tidak mndapat pasangan akan mendapat hukuman dan harus squat jump
    sebanyak 5 kali.
    5.     
    Permainan Tupai Vs Ular
    Ø  Langkah-langkah
    permainan:
    a.      
    Membagi siswa menjadi 2 kelompok, A dan
    B.
    b.     
    Siswa dminta untuk berbaris bersaf
    dengan saling berpegangan pinggul temannya.
    c.      
    Orang yang berada di paling depan adalah
    kepala ular yang bertugas melindungi ekor ular (orang yang berada di paling
    belakang agar tidak dapat dijangkau oleh tupai.
    d.     
    Masing-masing kelompok harus ada yang
    menjadi tupai dengan cara tupai grup A harus menangkap ekor ular di grup B,
    sedangkan tupai grup B harus menangkap ekor ular di grup A.
    e.      
    Peserta yang menjadi tupai harus
    menjangkau ekor ular sebanyak mungkin dan kepala ular harus menjaga ekor ular
    tanpa melepas pegangan.
    f.      
    Jika tupai dar grup A sudah menangkap
    ekor ular dari grup B, maka orang yang sudah ditangkap langsung pindah ke grup
    A untuk menjadi  ekor ular di grup A.
    kelompok yang paling panjang ekornya ialah pemenangnya. Dan jika salah satu
    kelompok ada yang melepas pegangannya, akan di diskualivikasi.
    g.     
    Yang kalah mendapat hukuman, squat jump
    sebanyak 5 kali.
    6.     
    Permainan Lari Estafet
    Ø  Langkah-langkah
    permainan:
    a.      
    Menyuruh siswa menjadi 2 syaf dan dibagi
    menjadi 2 kelompok.
    b.     
    Mengatur garis lapangan.
    c.      
    Pada orang pertama grup A dan B
    masing-masing dihadapkan saling membelakangi, setelah itu masing-masing dari
    mereka lari ke pojok (grup A ke arah selatan dan grup B ke arah utara). Setelah
    itu lari ke belakang dengan tetap menghadap ke arah barat. Setelah sampai di
    pojok garis timur, berganti posisi lari ke samping (grup A kea rah utara dan
    grup B ke arah selatan). Setelah sampai di tengah-tengah garis lapangan, lari
    ke depan ke arah barat.
    d.     
    Pelari selanjutnya berada di start untuk
    menunggu giliran berlari. Begitupun selanjutnya berlari bergiliran sampai
    pelari terakhir.
    e.      
    Setelah pelari pertama sampai di garis
    start, pelari pertama saling toss terlebih dahulu ke orang yang sudah menunggu
    giliran untuk berlari. Lalu setelah itu pelari selanjutnya juga harus berlari
    dengan cara yang sama.
    f.      
    Ini dilakukan oleh semua anak dan orang
    yang terakhir sampai lebih cepat ke garis start, maka kelompok tulah
    pemenangnya. Tapi jka salah satu kelompok melakukan kecurangan dengan tidak
    mengkuti aturan, maka kelompok yang curang yang akan mendapat hukuman.
    g.     
    Yang kalah mendapat hukuman squat jump
    sebanyak 5 kali.
    7.     
    Permainan Lampu Lalu Lintas
    Ø  Langkah-langkah
    permainan:
    a.      
    Masing-masing siswa mengatur jarak
    dengan temannya.
    b.     
    Bila pemandu berteriak “merah” maka
    semua siswa berlari dan tidak boleh bergerak.
    c.      
    Bila pemandu berteriak “hijau” maka
    semua siswa belari dan berhenti jika ada aba-aba  bunyi pluit dari guru.
    d.     
    Bila pemandu berteriak lalu lintas
    “macet” maka semua siswa merangkak selambat mungkin dan berlari jika ada
    aba-aba bunyi pluit dari pemandu.
    e.      
    Jika ada seorang siswa yang salah
    melakukan gerakan maka ia akan mendapat hukuman berupa squat jump 5 kali.
    8.     
    Permainan Satu, Dua, Tiga
    Ø  Langkah-langkah
    permainan:
    a.      
    Siswa diminta untuk membuat lingkaran
    besar.
    b.     
    Siswa berputar sambil bernyanyi “disini
    senang”.
    c.      
    Setelah ada aba-aba dari pemandu,
    misalnya menyebut angka “3” maka siswa berkumpul membuat kelompok yang terdiri
    dari 3 orang. Tetapi, jika Pembina menyebut angka “3 setengah” maka siswa
    membuat kelompok dengan jumlah 4 orang, tetapi yang 1 orang harus jongkok
    karena yang jongkok dihitung setengah.
    d.     
    Begitupun seterusnya, jika tidak ada
    yang mendapat kelompok maka akan dihukum squat jump sebanyak 5 kali.
    9.     
    Permainan Notasi Angka
    Ø  Langkah-langkah
    permainan:
    a.      
    Siswa berpisah di dalam lapangan.
    b.     
    Ketika ada aba-aba dari guru/dosen menyebutkan
    angka “satu” berarti siswa harus berdiri tegak dan tidak boleh bergerak.
    c.      
    Jika menyebut angka “dua” siswa harus
    mengucapkan “Do”.
    d.     
    Jika menyebut angka “tiga” siswa harus
    mengucapkan “Re”.
    e.      
    Jika menyebut angka “empat” siswa harus
    mengucapkan “Mi”.
    f.      
    Ketika salah mengucapkan kata, maka akan
    dihukum squat jump sebanyak 5 kali.
    10. 
    Permainan Kucing dan Tikus
    Ø  Langkah-langkah
    permainan:
    a.      
    Siswa diminta untuk membuat lingkaran
    besar dan bergandengan tangan.
    b.     
    Pemandu memilih 2 orang untuk menjadi
    kucing dan 1 orang mejadi tikus.
    c.      
    Tikus berada didalam lingkaran,
    sedangkan 2 kucing berada d luar lingkaran.
    d.     
    Ketika ada aba-aba mulai maka 2 kucing
    mengejar tikus, jika kucing ingin masuk ke dalam lingkaran, maka harus
    dihalangi oleh anak-anak yang menjadi pagar pembatas.
    e.      
    Jika salah satu kucing bia menjangkau
    tikus, maka tikus harus menjadi kucing.
    f.      
    Jika yang menjadi tikus sudah lelah,
    maka boleh menepuk punngung temannya, dan teman yang ditepuk otomatis langsung
    menjadi tikus.
    11. 
    Permainan Lingkaran Mahkota
    Ø  Langkah-langkah
    permainan:
    a.      
    Semua siswa membentuk lingkaran besar.
    b.     
    Membuat gambar lingkaran di
    tengah-tengah siswa. Dimulai dari menggambar lingkaran besar, dan menggambar
    lingkaran lebih kecil di dalam lingkaran besar.
    c.      
    Aturan bermain: anak-anak berbaris
    membentuk lingkaran besar, sambil berjalan dan bernyanyi gembira dengan tepuk
    tangan bila guru meniup pluit, anak-anak berlari lingkaran yang ditengah.
    d.     
    Anak yang berada dilingkaran ialah
    pemenangnya.
    e.      
    Permainan berlanjut begitu seterusnya
    sampai ke lingkaran terkecil.
    f.      
    Bagi yang kalah akan mendapat hukuman
    squat jump 5 kali.
    12. 
    Permainan Membebaskan Tawanan
    Ø  Langkah-langkah
    permainan:
    a.      
    Buatlah garis yang membagi ruangan
    menjadi dua ruangan.
    b.     
    Guru menunjuk dua orang anak untuk
    menjadi penjaga dan tiga orang anak menjadi tentara.
    c.      
    Tentara berbaris sejajar menempati ruang
    pertama dekat garis pembatas, sedangkan penjaga menempati ruang ruang pertama
    dekat dengan garis pemisah antara ruang pertama dan ruang kedua.
    d.     
    Siswa yang lain sebagai tawanan masuk ke
    dalam ruang kedua.
    e.      
    Setelah guru membunyikan pluit, maka
    tentara berusaha membesaskan tawanan dengan membawa tawanan keuar dari ruang
    kedua.
    f.      
    Tentara dapat dikatakan selamat bila
    tidak tersentuh oleh penjaga dan selamat keluar dengan membawa tawanan keluar
    dari ruang kedua.
    g.     
    Tentara dapat dikatakan selamat bila
    tidak tersentuh oleh penjaga dan selamat keluar dengan membawa tawanan.
    h.     
    Jika tentara tersebut tidak tersentuh
    penjaga waktu masuk dan keluar ruangan kedua, maka tawanan tersebut dapat
    menjadi tentara, sehingga tentara dapat bertambah dan sebaliknya bila masuk
    ruang kedua dan kembali ke ruang pertama tersentuh maka tentara tersebut akan
    menjadi tawanan.
    i.       
    Untuk itu guru akan menunjuk kembali siswa
    untuk menjadi tentara sehingga tentara yang ada sekurang-kurangnya lebih dari
    satu dibanding penjaga.
    v  Permainan
    Menggunakan Alat
    1.     
    Permainan Bola Estafet
    Ø  Langkah-langkah
    permainan:
    a.      
    Menyediakan 2 bola.
    b.     
    Membuat 2 barisan untuk dibagi menjadi 2
    kelompok.
    c.      
    Mengatur jarak masing-masng barisan.
    d.     
    Setiap kelompok diberi 1 bola, untuk
    permainan pertama mengoper bola lewat samping kanan, dan kaki tidak boleh
    bergerak ketika mengoper bola, lalu badan langsung menghadap kebelakang setelah
    bola sampai di belakang, bola dioper kembali ke depan, dan membalikkan badan
    lagi setelah mengoper bola.
    e.      
    Jangan berhenti sebelum guru/dosen
    meniup pluit.
    f.      
    Ketika guru sudah meniup pluit, bola
    yang lebih cepat sampai itulah pemenangnya.
    g.     
    Bentuk permainan kedua sama dengan
    bentuk permainan pertama, tetapi bola melewati samping kiri.
    h.     
    Bentuk permainan ketiga juga sama dengan
    bentuk permainan sebelumnya, tetapi melewati atas kepala dan mengoper bola ke teman
    yang dibelakangnya.
    i.       
    Bentuk permainan keempat juga sama
    dengan sebelumnya, tetapi bola melewati bawah dimana siswa harus membuka lebar
    kakinya dan mengoper boa kebelakang.
    j.       
    Yang kalah mendapat hukuman berupa squat
    jump sebanyak 10 kali.
    2.     
    Permainan Pass and Run
    Ø  Langkah-langkah
    permainan:
    a.      
    Dibagi menjadi 2 kelompok.
    b.     
    Diberi waktu 10 menit untuk bermain.
    c.      
    Ketika bola dilempar, yang paling cepat
    mengambil bola bisa mengoper bolanya ke temannya (kelompok sendiri), tetapi
    orang yang memegang bola tidak boleh melangkah lebih dari 3 langkah ketika
    hendak mengoper bola ke kelompoknya.
    d.     
    Kelompok lawan harus mengejar dan
    merebut bola dari kelompok musuh yang memegang bola dan memasukkan ke gawang
    musuh.
    e.      
    Cara memasukkan bola ke gawang lawan,
    orang yang memegang bola harus melompati garis gawang dengan syarat tidak boleh
    lebih dari 3 langkah.
    f.      
    Jika waktu telah habis, yang kalah
    diberi hukuman squat jump sebanyak 10 kali.
    3.     
    Permainan Mengendalikan Kuda
    Ø  Langkah-langkah
    permainan:
    a.      
    Meminta siswa untuk mencari pasangan,
    terdiri dari 2 orang; 1 orang menjadi kuda dan 1 orang menjadi pengendali kuda.
    b.     
    Pembina menyediakan selendang, jika
    tidak ada selendang bisa menggunakan rumput jepang sebagai tali untuk diikatkan
    pada kuda.
    c.      
    Masing-masing pasangan kuda dan
    pengendali kuda harus mengelilingi lapangan (di dalam garis lapangan) sambil
    bernyanyi “Naik Delman”. Ketika Pembina sudah meniup pluit yang pertama, maka
    masing-masing pasangan harus secepatnya sampai di garis finish tanpa melepas
    pegangan pada tali kuda.
    d.     
    Jika Pembina sudah meniup pluit yang
    kedua dan masih ada pasangan kuda dan pengendali kuda yang masih belum sampai
    di garis finish akan mendapat hukuman squat jump sebanyak 5 kali.
    4.     
    Permainan Menjala Ikan
    Ø  Langkah-langkah
    permainan:
    a.      
    Meminta 2 orang untuk menjadi jala dan
    sisanya menjadi ikan semua.
    b.     
    Menyiapkan 4 bola tenis.
    c.      
    Semua ikan berada di dalam garis
    lapangan untuk berlari dan menyelamatkan diri dari lemparan bola.
    d.     
    Jala harus berada dan melempar bola dari
    luar garis lapangan dengan syarat harus melempar bola di bagian bawah, dari
    paha sampai kaki dan tidak boleh melempar bola pada bagian tubuh atas karena
    dapat membahayakan siswa.
    e.      
    Jika bola mengenai kaki salah satu ikan,
    maka ikan langsung keluar garis lapangan dan harus menjadi jala juga untuk
    mendapatkan mangsa dengan cara melempar bola juga.
    f.      
    Jika semua ikan sudah terkena lemparan
    bola, maka permainan selesai.
    5.     
    Permainan Memantulkan Balon
    Ø  Langkah-langkah
    permainan:
    a.      
    Menyiapkan balon.
    b.     
    Anak-anak dibariskan dan dibagi menjadi
    tiga kelompok.
    c.      
    Permainan dimainkan dengan cara
    memantulkan balon ke udara dan menyebrangkannya ke garis finish.
    d.     
    Guru memberikan tanda bahwa permainan
    dimulai dengan cara melambungkan balon diantara anak secara bergiliran hingga
    sampai di garis finish.
    e.      
    Balon tidak boleh terjatuh, jika balon
    jatuh akan di diskualivikasi.
    f.      
    Permainan dapat diulang-ulang menurut
    kebutuhan.
    g.     
    Yang paling cepat menyebrangkan bola
    sampai di garis finish ialah pemenangnya.
    h.     
    Yang kalah dihukum squat jump sebanyak 5
    kali.
    6.     
    Permainan Sedot Karet
    Ø  Langkah-langakah
    permainan:
    a.      
    Siswa dibagi menjadi 4 kelompok.
    b.     
    Masing-masing siswa mengatur jarak
    dengan temannya.
    c.      
    Setiap siswa akan mendapat sedotan.
    d.     
    Siswa yang paling depan akan diberi
    sedotan dan karet.
    e.      
    Permainan akan dimulai apabila ada
    aba-aba bunyi pluit dari guru.
    f.      
    Kemudian sedotan itu digigit lalu
    masukkan karet.
    g.     
    Setelah itu siswa memindahkan karet
    tersebut kepada teman yang berada di belakangnya secara perlahan-lahan tanpa
    harus menjatuhkannya. Kemudian siswa itu pindah ke tempat paling belakang dan
    begitu seterusnya.
    h.     
    Siswa harus menjaga keseimbangan sedotan
    tersebut agar karet tidak terjatuh hingga sampai ke garis fnish yang telah di
    tentukan.
    i.       
     Yang
    paling cepat membawa karet pada garis finish ialah pemenangnya.
    j.       
    Yang kalah mendapat hukuman squat jump 5
    kali.
    7.     
    Permainan Bola Sial
    Ø  Langkah-langkah
    permainan:
    a.      
    Menyiapkan bola tenis sebanyak 3 bola.
    b.     
    Meminta 2 orang sukarelawan, orang yang
    satu memegang 1 bola dengan cara melempar salah satu bola yang dipegang ke
    bagian tubuh bawah (paha-kaki).
    c.      
    Semua anak disuruh untuk duduk menyebar
    di lapangan secara terpisah dan tangan ditaruh di atas kepala supaya bisa
    siap-siap untuk menerima bola dan menggantikan untuk dikejar.
    d.     
    Jika orang yang dikejar sudah capek, ia
    bisa memberikan bola kepada teman yang lain, dan otomatis orang yang mendapat
    bola harus berlari menghindar dari kejaran/lemparan bola.
    e.      
    Jika orang yang dikejar terkena lemparan
    bola, maka ia harus mengganti peran dengan mengejar dan melempar bola pada
    orang yang mendapat giliran untuk memegang 1 bola tersebut.
    f.      
    Jika semua anak sudah mendapat giliran
    untuk menegjar dan dikejar maka permainan sudah bisa dihentikan, karena
    permainan ini dimainkan dan berhenti sesuai dengan aba-aba dari guru/dosen.
    8.     
    Permainan Let’s Play Number
    Ø  Langkah-langkah
    permainan:
    a.      
    Siswa membuat 3 kelompok dan berbaris
    kebelakang.
    b.     
    Ketika ada aba-aba dari guru/dosen,
    siswa berlari dengan membawa batu kecil/kerikil yang diberikan oleh guru.
    Masing-masing anak dberi 3 batu kerikil.
    c.      
    Penyusunan batu disesuaikan dengan hasil
    perkalian yang diucapkan guru. Misalnya “2x3=6” berarti kelompok tersebut
    menyusun angka “6” di depan garis finish.
    d.     
    Setelah menyusun batu, siswa pertama
    kembali kebarisan dan kemudian dilanjutkan oleh siswa selanjutnya, begitupun
    selanjutnya.
    e.      
    Kelompok yang lebih dulu menyelesaikan
    menyusun batu, maka kelompok tersebutlah pemenangnya.
    f.      
    Yang kalah dihukum squat jump sebanyak 5
    kali. 
    9.     
    Permainan Kertas Berpindah
    Ø  Langkah-langkah
    permainan:
    a.      
    Semua siswa dibagi menjadi 3 kelompok
    sama banyak.
    b.     
    Masing-masing kelompok diberi beberapa
    kertas.
    c.      
    Siswa berbaris dan mengatur jarak antara
    siswa dengan menginjak kertas yang telah di bagikan.
    d.     
    Sisa kertas yang berada paling belakang
    di pindahkan ke depan dengan cara bergilir.
    e.      
    Setelah kertas sampai di siswa paling
    depan dengan menginjak kertas.
    f.      
    Siswa di belakangnya terus mengikuti dan
    setersnya sampai di garis finish.
    g.     
    Peraturannya:
    1)     
    Siswa yang menginjak di luar kertas di
    anggap kalah.
    2)     
    Kelompok yang paling cepat sampai di
    garis finish ialah pemenangnya.
    3)     
    Bagi yang kalah akan diberi hukuman
    squat jump 5 kali.
    10. 
    Permainan Menangkap Ayam Terbang
    Ø  Langkah-langkah
    permainan:
    a.      
    Buatlah arena bermain yang dibatasi
    dengan dua utas tali.
    b.     
    Pasukan dibagi menjadi dua kelompok,
    yaitu kelompok 1 pelempar bola dan kelompok 2 penangkap bola.
    c.      
    Yang menjadi kelompok pelempar bola
    dibagi lagi menjadi dua bagian.
    d.     
    Kelompok pelempar bola berdiri diluar
    arena, sedangkan kelompok penangkap bola berdiri di antara batas arena.
    e.      
    Bola berada di kedua regu kelompok 1,
    yaitu pelempar bola tersebut.
    f.      
    Bola dari kedua belah sisi dilemparkan
    kepada sisi yang lain. Regu penangkap bola harus berusaha menangkap bola
    tersebut. Jika bola terjatuh karena tidak dapat ditangkap oleh salah seorang
    regu kelompok penangkap bola, berarti kelompok itu membuat satu kesalahan dan
    bola tidak boleh berada kedua-duanya pada satu sisi. Jika sudah terjadi lima
    kesalahan, maka ganti permainan, yaitu kelompok penangkap bola menjadi kelompok
    pelempar bola dan sebaliknya.


    Demikianlah Artikel Permainan olahraga Tanpa Menggunakan Alat

    Sekian dari kami, mudah mudahan artikel Permainan olahraga Tanpa Menggunakan Alat, bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sekian postingan dari kami .Silabus RPP !! .
    x

    Anda sedang membaca artikel Permainan olahraga Tanpa Menggunakan Alat dan artikel ini url permalinknya adalah https://pembelajaran-olahraga.blogspot.com/2016/04/permainan-olahraga-tanpa-menggunakan.html
    Artikel Silabus RPP Terbaru Lainnya Silabus RPP,Permainan olahraga Tanpa Menggunakan Alat
    Download RPP, Silabus , Prota, Promes , Pemetaan KI-KD , Jurnal , KKM , Buku Guru dan Buku Siswa Kelas

    Related Posts :

    0 Response to "Permainan olahraga Tanpa Menggunakan Alat"

    Post a Comment